Pages Navigation Menu

Linking Strategy People and Performance

Nugroho Ananto

Nugroho Ananto

WHERE  THE  BRIGHT  IDEAS  MEET

Pemikiran dan tulisan yang disajikan dalam forum ini menggunakan pendekatan populer (bukan sebagai artikel ilmiah), dengan maksud untuk memberikan sumbangan pemikiran yang bersumber dari informasi, pengamatan, perenungan (refleksi) atau wawasan dari penulis.

Kepedulian terhadap proses perubahan di Indonesia, sebagai Senior Consultant SINERGI Consulting, penulis memberikan fasilitasi bagi pengembangan diri dan organisasi, khususnya dalam strategic management dan pengembangan SDM dan organisasi. Dengan bekal minat pada bidang kesisteman yang dimiliki, penulis ingin dapat lebih berkontribusi dalam proses percepatan perubahan di Indonesia secara terstruktur dan sistemik untuk dapat menciptakan nilai tambah yang optimal bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

  • Mengawali karir pada tahun 1987 sebagai staf pada Biro Perencanaan pada Sekretariat Dewan Pembinaan Industri Strategis (SDPIS) di BPPT, hingga tahun 1989 terbentuk LPND Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS) dan mendapatkan penugasan sebagai Kepala Bagian Pengembangan Organisasi dan Sistem Manajemen.
  • Pada tahun 1997 mendapatkan tugas sebagai dalam Tim Pembentukan Holding Company Industri Strategis, hingga terbentuk PT Bahana Pakarya Industri Strategis (Persero), merupakan BUMN holding company dari 10 anak perusahaan industri strategis.
  • Untuk membangun kembali citra Indonesia yang terpuruk akibat kerusuhan pada tahun 1998, melalui program “Building New Indonesia” pemerintah melantik 10 Duta Besar Khusus (special envoy), Bersama Guru Strategic Marketing Bapak Hermawan Kartajaya, selama 2 tahun penulis bertugas sebagai asisten bagi para Duta Besar Khusus di Kamar Dagang dan Industri Indonesia.
  • Pada tahun 2000 kembali mendapatkan penugasan di holding company PT BPIS (Persero) sebagai Vice President Technology Development, pengabdian di BUMN Industri Strategis ini berakhir pada tahun 2002 dengan posisi sebagai Corporate Secretary.
  • Pada tahun 2003, penulis mengabdi pada Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS. Tekad untuk dapat mengabdi kepada bangsa dan negara secara lebih optimal diwujudkan dengan mengajukan permohonan pensiun dini pada tahun 2013, dengan posisi terakhir sebagai Pemangku Jabatan Fungsional Perencana Madya.

TULISAN POPULER :

  1. Tujuan menulis tulisan populer sekadar memberikan sumbangan pemikiran berdasarkan informasi atau wawasan penulisnya dan selanjutnya (lazimnya diharapkan) sebagai bahan wacana atau diskursus tentang topik itu bagi pembacanya.
  2. Materinya tidak selalu harus berdasarkan pada fakta-fakta empirik (penelitian), boleh juga dari hasil pengamatan atau perenungan (refleksi)
  3. Pembahasan dan analisis tidak perlu terlalu mendalam dan rinci, namun logika serta sistematika pemikiran harus tetap diperhatikan, agar pembaca dapat menangkap pesan sesuai dengan yang ingin disampaikan.
  4. Pembahasan dan analisisnya sedapat mungkin menggunakan kata-kata, istilah-istilah atau kalimat yang mudah dicerna dan sudah populer di masyarakat. Semua itu tidak harus secara ketat mengikuti “aturan main” penggunaan tata bahasa yang berlaku di dunia akademik.

ARTIKEL ILMIAH :

  1. Tujuan menulis artikel ilmiah adalah untuk mendiseminasikan pemikiran kita ke khalayak akademik lebih luas melalui media jurnal yang sesuai dengan disiplin ilmunya baik lingkup nasional maupun antarbangsa.