SIMPEG – Sistem Informasi Kepegawaian
SIMPEG adalah sebuah Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian berbasis komputer yang dapat digunakan dalam manajemen sumber daya manusia secara terpadu. Untuk organisasi seperti Badan/Biro Kepegawaian yang mempunyai banyak unit sub-instansi/unit organisasi unit kerja yang secara geografis terpisah, dapat menggunakan media internet/intranet sebagai penghubung komunikasi data.
Pengembangan SIMPEG di unit kerja yang melaksanakan tugas pokok dan fungsi pembinaan SDM bertujuan untuk:
Mempercepat dan mempermudah proses integrasi, pertukaran, pengumpulan dan penyebaran informasi kepegawaian antara Pemerintah Daerah dengan Badan/Biro Kepegawaian (SDM);
Mempermudah pelaporan informasi kepegawaian kepada Pimpinan;
Mengembangkan fitur dan modul tambahan sesuai dengan kebutuhan Biro Kepegawaian (SDM) dalam proses pengumpulan, pengolahan dan pelaporan informasi kepegawaian yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan;
Sentralisasi data kepegawaian, hingga dapat menunjang pengambilan keputusan pimpinan, maupun pembuatan laporan kelembagaan baik bagi organisasi, pemerintah daerah maupun pusat;
Memudahkan pengembangan dengan teknologi terkini, sehingga dapat didukung dengan
sarana-sarana infrastruktur online yang sudah ada.
SIMPEG disajikan dalam bentuk aplikasi web-base, dan dapat dioperasikan terintegrasi dengan aplikasi manajemen kinerja dan sistem remunerasi.
|