Pages Navigation Menu

Linking Strategy People and Performance

Analisis Jabatan dan Perancangan Peringkat Jabatan

    Analisis Jabatan adalah suatu proses sistematis untuk menentukan keahlian, kewajiban dan pengetahuan yang diperlukan untuk melaksanakan suatu jabatan dalam organisasi. Evaluasi Jabatan dilakukan untuk menilai setiap jabatan dalam struktur organisasi agar dapat ditetapkan nilai jabatan yang terbangun dari sejumlah kriteria yang merupakan faktor-faktor jabatan. Hasil analisis dan evaluasi jabatan digunakan sebagai dasar untuk penyusunan Peringkat Jabatan (job grading) yang akan menjadi dasar bagi standar remunerasi.

New Picture (8)

     Peringkat Jabatan menggambarkan hubungan hirarkis antara jabatan-jabatan yang ada dalam sebuah unit-unit kerja pada sebuah organisasi. Pemeringkatan ditetapkan atas dasar ‘bobot jabatan’ hingga dapat menjelaskan jabatan mana yang ’posisi’nya lebih tinggi atau lebih rendah dari yang lain. Praktek pada perusahaan atau organisasi bisnis, biasanya disebut “grade” atau “kelas” jabatan.

New Picture (9)Beberapa pertanyaan yang lazim dilakukan dalam analisis jabatan, antara lain:

Apakah tugas fisik dan mental pada jabatan tertentu?

Kapan pekerjaan dari suatu jabatan dikatakan selesai dan lengkap?

Dimana jabatan tersebut berada?

Bagaimana cara mengerjakan seluruh pekerjaan pada jabatan tersebut?

Mengapa pekerjaan tersebut harus dilakukan?

Apakah kualifikasi yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaanpekerjaan pada suatu jabatan?

Prinsip dalam penyusunan peringkat jabatan:

Yang dievaluasi adalah jabatan/pekerjaan dan bukan pemangku jabatan (pejabat ybs)

Menghargai tanggung jawab setiap jabatan/pekerjaan

Mengakomodasi perbedaan tanggung jawab pekerjaan/jabatan satu dengan lainnya

Sebagai dasar bagi pola mutasi dan perencanaan karir bagi SDM secara profesional